Dalam menghadapi banyaknya pesaing yang menawarkan produk yang serupa, seorang pengusaha perlu mempertahankan loyalitas pelanggan dengan menawarkan produk berkualitas dan mengoptimalkan promosi penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi berbasis media sosial instagram dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada toko velvet Sintang. pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berbantuk regresi linear berganda. Populasi penelitian adalah seluruh konsumen toko Velvet Sintang, sedangkan sampelnya 112 orang dengan menggunakan teknik nonprobability sampling dalam bentuk sampel insidental. Data dianalisis menggunakan bebarapa pengujian yaitu uji asumsi klasik yang meliputi pengujian normalitas dengan menggunakan uji kolomogrov-smirnov, uji linearitas dan uji multikolineritas. pengujian kontribusi meliputi uji regresi berganda, uji korelasi berganda, uji determinasi R2 dan sumbangan efektif (SE) dan sumbangan relatif (SR). pengujian hipotesis meliputi uji t (parsial) dan uji f (simultan) dengan bantuan program SPSS 26. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh promosi berbsis media sosial instagram, kualitas produk parsial dan simultan terdapat keputusan pembelian pada toko velvet sintang. Besarnya R square 0,740 atau 74% dan 26 dipengaruhi oleh variabel lain.
Copyrights © 2025