Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap peran kreativitas guru dalam penataan ruang kelas sebagai upaya menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan mendukung bagi siswa kelas V di MI Nurul Islam Semar Desa Ragang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk menggambarkan kondisi penataan ruang kelas serta peran guru dan siswa dalam proses tersebut. Penataan ruang kelas yang efektif, termasuk pengaturan tempat duduk berbentuk U, pengelolaan keindahan dan kebersihan kelas, serta penyusunan ruang belajar, terbukti memberikan dampak positif terhadap interaksi, konsentrasi, dan motivasi siswa dalam belajar. Selain itu, keterlibatan aktif siswa dalam mendekorasi dan menjaga kebersihan kelas meningkatkan rasa tanggung jawab dan semangat belajar mereka. Kendala yang dihadapi, seperti minimnya fasilitas kelas, dapat diatasi melalui pendekatan kreatif guru dalam memanfaatkan sumber daya yang ada. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi pengembangan strategi pembelajaran yang inovatif dan mendukung terciptanya suasana belajar yang kondusif, serta relevan untuk diterapkan di sekolah dasar lainnya.
Copyrights © 2025