Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara
Vol. 2 No. 1 (2025): Februari - Maret 2025

Peran Guru dan Orang Tua dalam Mengatasi Kesulitan Membaca dan Menulis pada Anak SD

Amir Mahmud Hasibuan (Unknown)
Siti Afiqa Rahmah Manik (Unknown)
Putri Nurul Auliya (Unknown)
Nazwi Haliza Purba (Unknown)
Husnah Siregar (Unknown)
Ayu Nadira Wulandari (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan peran guru dan orang tua dalam mengatasi kesulitan membaca siswa selama proses pembelajaran di sekolah dasar. Serta bertujuan untuk mengeksplorasi peran guru dan orang tua dalam membantu siswa mengatasi kesulitan membaca dan menulis. Melalui analisis studi literatur, ditemukan bahwa guru memiliki peran penting dalam menerapkan strategi pembelajaran yang efektif, melakukan pendekatan personal, dan menjalin kolaborasi dengan orang tua. Dengan adanya dukungan yang konsisten dari guru dan orang tua, diharapkan siswa dapat mengatasi tantangan dalam belajar membaca dan menulis, sehingga mereka dapat berkembang dengan baik dalam proses pendidikan. Hasil penelitian ini memberikan gambaran mengenai peran guru dan orang tua dalam mendukung siswa untuk mengatasi kesulitan membaca selama proses pembelajaran di sekolah dasar. Berdasarkan hasil temuan tersebut, diharapkan  para  pendidik,  khususnya  guru,  dapat  terus  meningkatkan  sinergi dengan  orang  tua  dalam  mendukung  perkembangan  literasi  siswa,  serta,  jika relevan, mengintegrasikan nilai-nilai Islami ke dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jicn

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara (JICN) adalah Jurnal Multi Disiplin Semua Bidang Ilmu sebuah publikasi yang melayani sebagai wadah bagi penelitian interdisipliner dan kolaboratif di berbagai bidang ilmu. Jurnal ini memperoleh keunggulan dengan mencakup berbagai disiplin ilmu, seperti ilmu ...