Penelitian ini dilaksanakan untuk mendeskripsikan pengembangan permainan Math Bingo sebagai media evaluasi capaian pembelajaran pada mata kuliah algoritma dan pemrograman. Penelitian ini dilaksanakan di STKIP PGRI Situbondo pada mahasiswa semester 2 program studi pendidikan matematika dengan 15 mahasiswa sebagai subjek penelitian. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif. Pada penelitian ini dideskripsikan pengembangan dan penerapan permainan Math Bingo sebagai upaya untuk mendeskripsikan teknik penilaian yang lain, selain tes tulis dan proyek. Lebih lanjut, pengumpulan data dilakukan untuk menganalisis respon mahasiswa terhadap pengembangan permainan dan hasil evaluasi capaian pembelajaran. Analisis evaluasi capaian pembelajaran di kelas dilakukan pada saat permainan dilaksanakan serta pada pengisian jawaban dari soal menggunakan Google Form. Data dikumpulkan menggunakan observasi dan kuesioner. Analisis data menggunakan teknik kualitatif. Berdasarkan hasil pengisian kuesioner dan hasil evaluasi capaian pembelajaran diketahui bahwa pelaksanaan pengembangan penerapan permainan Math Bingo, pelaksanaan permainan Math Bingo, mahasiswa yang memberikan respon baik, dan mahasiswa yang berhasil mencapai capaian pembelajaran yang dituju berturut-turut mencapai 95%, 100%, 70%, dan 80%. Jadi, penerapan pengembangan permainan Math Bingo dapat menjadi salah satu media yang efektif untuk mengevaluasi capaian pembelajaran, khususnya pada penelitian ini di STKIP PGRI Situbondo.
Copyrights © 2025