Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol. 7 No. 3 (2023)

Pelaksanaan Asesmen dan Intervensi Anak Autisme

Ishartiwi, Ishartiwi (Unknown)
Sukinah, Sukinah (Unknown)
Taqiyah, Dewi Barotut (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2023

Abstract

Asesmen dilakukan untuk mengetahui kondisi dan karakteristik, kemampuan, hambatan dan kelebihan yang dimiliki serta kebutuhan ASH untuk dasar penyusunan pelaksanaan intervensi. Pelaksanaan program intervensi dilakukan selama 16 kali pertemuan durasi 120 menit per pertemuan dengan mengunakan pendekatan secara individual, media AAC (Augmentative and Alternative Communication) dan benda-benda yang ada disekitar ASH. Subjek dalam penelitian ini berinisial ASH berusia 4 tahun dan mengalami hambatan perkembangan autisme. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil pembahasan pelaksanaan asesmen dan intervensi, ASH mampu melakukan interaksi sosial dengan menyapa, mengucapkan salam, komunikasi dua arah menggunakan strategi shaping. Pada aspek bahasa, ASH mampu merespon pertanyaan spontan tanpa menggunakan bantuan kartu kata, aspek motorik halus ASH mampu mewarnai gambar, menarik garis lurus, menuliskan nama, meronce dan menempel. Penggunaan media yang ada disekitar ASH dapat membantu meningkatkan kemampuan pada aspek komunikasi, motorik halus dan interaksi sosial. 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...