Perundungan merupakan salah satu problematika yang dapat ditemukan di SDN Lopang Domba. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan poster edukasi sebagai pencegahan tindak perundungan pada siswa kelas V di SDN Lopang Domba. enelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil observasi peneliti pada kegiatan pembelajaran, siswa kelas V menunjukkan tendensi untuk melakukan tindak perundungan. Terdapat satu orang siswa yang kerap kali menjadi korban dari tindakan tersebut. Tindak perundungan yang diterima oleh korban adalah berupa perundungan verbal dan relasional. Berdasarkan hasil wawancara bersama wali kelas, korban diketahui memiliki riwayat tidak naik kelas. Hal ini menjadi salah satu faktor pelaku merasa lebih superior dibandingkan dengan korban. Sekolah sebagai Lembaga pendidikan memiliki kewajiban dalam memberikan hak perlindungan kepada siswa. Maka dari itu, tindakan preventif yang dilakukan oleh guru adalah melalui penggunaan poster edukasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan poster edukasi sebagai pencegahan tindak perundungan pada siswa kelas V di SDN Lopang Domba memberikan dampak positif. Siswa menjadi tahu mengenai bentuk-bentuk perilaku yang termasuk ke dalam tindak perundungan, mengapa tindakan tersebut perlu dicegah, serta apa yang harus dilakukan jika melihat seseorang yang menjadi korban perundungan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025