Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
Vol. 14 No. 1 (2025): Maret 2025

Analisis Kemampuan Numerasi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum di SMA Negeri 1 Gunungsitoli

Daeli, Veridiana (Unknown)
Yakin Niat Telaumbanua (Unknown)
Sadiana Lase (Unknown)
Ratna Natalia Mendrofa (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Mar 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan numerasi siswa dalam menyelesaikan soal asesmen kompetensi minimum di SMA Negeri 1 Gunungsitoli. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari 40 orang siswa yang dipilih menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui tes kemampuan numerasi yang mengacu pada soal AKM dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan numerasi siswa terdistribusi dalam 3 kategori: 10 siswa berada pada kategori tinggi, 19 siswa berada pada kategori sedang, 11 siswa berada pada kategori rendah, dengan nilai rata-rata 65,075. Kesenjangan yang signifikan ditemukan antara nilai tertinggi 96 dengan nilai terendah 27, mengindikasikan adanya variasi besar dalam kemampuan numerasi antar siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa mayoritas siswa memiliki kemampuan numerasi pada kategori sedang, namun masih diperlukan upaya peningkatan kemampuan numerasi terutama bagi siswa kategori rendah melalui strategi yang efektif dalam pembelajaran dan program pendampingan khusus.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

emasains

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education Environmental Science Mathematics

Description

Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains is a mathematics and science education journal which published and managed by the FKIP Education University PGRI Mahadewa Indonesia. This journal is published twice a year, namely March and September. Contains Indonesian-language writings derived from ...