Edu Geography
Vol. 12 No. 3 (2024): VOL 12 NO 3 (2024)

Efektivitas Media Google Sites Berbasis Mobile Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Atmosfer Di SMAN 6 Semarang

Nur Fauziyah (Unknown)
Saptono Putro (Unknown)
Sriyanto (Unknown)
Andi Irwan Benardi (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Apr 2025

Abstract

SMA Negeri 6 Semarang merupakan salah satu SMA Negeri favorit yang berada di wilayah Kota Semarang. Namun masih terdapat sedikit masalah dengan pembelajaran Geografi yaitu kemampuan berpikir kritis siswa kelas X masih kurang optimal. Hal ini disebabkan oleh input siswa yang berasal dari sistem zonasi belum terbiasa menggunakan media pembelajaran yang diberikan guru ketika masuk SMA negeri. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pelaksanaan pembelajaran menggunakan media google sites berbasis m-learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, mengukur tingkat kemampuan berpikir kritis siswa pada saat menggunakan media pembelajaran google sites berbasis m-learning, dan mengukur efektivitas media pembelajaran google sites berbasis m-learning sesudah dan sebelum dilakukannya pengujian pada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian pre-eksperimen bertipe one group pre-test post-test design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 6 Semarang tahun ajaran 2023/2024. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menggunakan media google sites berbasis m-learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa memenuhi kriteria sangat baik, dengan rata-rata 95,19%. Kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan yang berkategori tinggi setelah menggunakan media google sites. Siswa yang awalnya memiliki tingkat kemampuan berpikir kritis cukup yaitu sebesar 55% meningkat menjadi siswa yang memiliki tingkat kemampuan berpikir kritis sangat tinggi yaitu sebesar 90%. Uji N-gain memperoleh hasil persentase sebesar 78,07% serta hasil uji Wilcoxon juga menunjukkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) yaitu 0,000 < 0,05. Selain itu, tanggapan positif siswa dari penggunaan media google sites hingga mencapai 82,8%. Hal ini menunjukkan bahwa media google sites berbasis mobile learning efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edugeo

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education Environmental Science Social Sciences

Description

Edu Geography Journal [p-ISSN 2252-6684|e-ISSN 2549-0346 ]is a Peer Reviewer Journal published by the Department of Geography, Faculty of Social Sciences, Semarang State University. Each year consists of 3 editions in April, August and November. This journal publishes 10 articles. Edu Geography ...