Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 8 No. 1 (2025): Volume 8 No. 1 Tahun 2025

PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA

Nurnaningsih Bobihu (Universitas Negeri Gorontalo)
Masra Latjompoh (Universitas Negeri Gorontalo)
Margaretha Solang (Universitas Negeri Gorontalo)
Djuna Lamondo (Universitas Negeri Gorontalo)
Muh. Nur Akba (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan menjelaskan hasil belajar kognitif peserta didik pada kelompok kecil setelah menggunakan e-modul berbasis discovery learning pada materi sistem peredaran darah manusia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) yang dimodifikasi dari Sugiyono (2018). Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, angket dan tes. Uji coba dilakukan pada 15 peserta didik kelas XI 4 SMA Negeri 1 Telaga. Hasil penelitian menemukan (1) Uji validitas berdasarkan presentase validasi isi/materi memperoleh presentase 86,15% (Sangat Valid) dan validasi konstruk memperoleh presentase 92,36% (Sangat Valid) (2) Uji kepraktisan berdasarkan kriteria presentase aktivitas peserta didik memperoleh presentase 81,94% (Sangat Baik), keterlaksanaan bembelajaran sebesar 90,8% (Sangat Baik), dan presentase respon peserta didik sebesar 92,45% (Sangat Baik). (3) Hasil belajar kognitif peserta didik pada kelompok kecil memperoleh presentase klasikal sebesar 80% dan berdasarkan hasil analisis skor N-Gain kelompok kecil bernilai 0,71 (Efektif). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis discovery learning pada materi sistem peredaran darah manusia memenuhi kriteria valid, kriteria praktis dan dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik kelompok kecil pada materi sistem peredaran darah manusia dalam pembelajaran Biologi di SMA Negeri 1 Telaga.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...