Qalam Lil Mubtadiin
Vol. 3 No. 1 (2025): Vol III Edisi I Tahun 2025

PENGARUH DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SD NEGERI 12 PERLABIAN TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Shinta Arsita Sari (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu)
Jupriaman (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu)
Leli Hasanah lubis (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2025

Abstract

Shinta Arsita Sari, 2024, Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa SD Negeri 12 Perlabian Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab dua rumusan masalah yaitu apakah ada pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa SD Negeri 12 Perlabian dan seberapa besar pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa SD Negeri 12 Perlabian Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini adalah jenis Penelitian Kuantitatif dengan menggunakan teknik sensus/sampling total. Sehingga jumlah populasi dan sampel pada penelitian ini adalah 35 orang siswa kelas V dan VI SD Negeri 12 Perlabian Tahun Pelajaran 2023/2024. Adapun instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) dan dokumentasi. Teknik analisa data pada penelitian ini menggunakan SPSS versi 22 untuk uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa SD Negeri 12 Perlabian Tahun Pelajaran 2023/2024. Ini dapat dibuktikan dengan nilai signifikansinya 0,02 < 0,05 dan nilai thitung > ttabel yaitu 2,168 > 1,693. Dan diperoleh nilai koefisien determinasi (R Square) yang nilainya sebesar 0,229 atau senilai 22,9 %. Sehingga Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti dapat disimpulkan bahwa disiplin belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa SD Negeri 12 Perlabian Tahun Pelajaran 2023/2024.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

QLM

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Qalam lil Mubtadiin adalah Jurnal Pendidikan adalah sarana komunikasi dan publikasi ilmiah yang berasal dari hasil penelitian di bidang pendidikan guru madrasah ibtidaiyah, baik literatur (library research) maupun lapangan (field research), dengan berbagai pendekatan. Jurnal ini terbit dua kali ...