Journal of Applied Science in Tourism Destination
Vol. 1 No. 2 (2023): Journal of Applied Science in Tourism Destination

Optimasi Marketing Mix Method untuk meningkatkan pangsa pasar Wedding Organizer di Bali: Studi kasus Esmeralda Wedding Planner and Organizer Bali

Rahjasa, Putu Surya Laksana (Unknown)
Rahadiarta, I Gede Ngurah Primanda S (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh bauran pemasaran 4 P (Product, Price, Place, Promotion) terhadap Tingkat Penjualan di perusahaan Esmeralda Wedding Planner and Organizer. Penelitian menggunakan teknik pengambilan sampling jenuh, yaitu 30 responden yang merupakan pasangan yang telah menggunakan jasa penyelenggaraan pernikahan dari Esmeralda Wedding Planner and Organizer. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, dengan uji validitas, reliabilitas, Uji Normalitas, dan Uji Regresi Berganda dengan bantuan program SPSS. Diperoleh hasil uji variabel Product, Price, Place dan Promotion dalam menjelaskan Tingkat Penjualan adalah sebesar 78,2%. Hasil Uji Hipotesis pada penelitian ini juga memberikan kesimpulan bahwa variabel Product, Price, dan Promotion berpengaruh baik terhadap tingkat penjualan, sementara variabel Place masih belum berpengaruh baik terhadap tingkat penjualan. Hasil ini yang kemudian dapat menjadi pertimbangan perusahaan Esmeralda Wedding Planner and Organizer untuk menentukan strategi yang digunakan dalam meningkatkan penjualan pada masa yang akan datang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jastd

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Journal of Applied Science in Tourism Destination (JASTD) is a scientific journal that implements a blinded-peer-review process in handling manuscripts and aims to become a scientific medium for interdisciplinary researchers in the tourism destination sector. Firstly published in 2023, the Center ...