JGK (Jurnal Guru Kita)
Vol. 9 No. 1: Desember 2024

UPAYA MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR MELALUI SISTEM MANAJEMEN PESERTA DIDIK YANG BAIK

Indika Salsabila (Universitas Lampung)
Adinda Rahmadhina (Universitas Lampung)
Devara Triamonica (Universitas Lampung)
Supriyadi Supriyadi (Universitas Lampung)
Amrina Izzatika (Universitas Lampung)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran sistem manajemen peserta didik dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di Sekolah Dasar. Motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik internal maupun eksternal, di mana salah satu faktor eksternal yang signifikan adalah manajemen peserta didik. Penerapan manajemen peserta didik yang efektif diharapkan dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang efisien dan kondusif, sehingga mampu meningkatkan semangat belajar siswa. Artikel ini mengkaji pentingnya kolaborasi antara seluruh lembaga pendidikan di sekolah untuk mencapai manajemen peserta didik yang optimal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan telaah pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan sistem manajemen peserta didik yang baik memiliki dampak positif terhadap peningkatan motivasi belajar siswa di Sekolah Dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jgkp

Publisher

Subject

Arts Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Guru Kita contains writings from the results of research, education, lerning, science, culture, technology, language, art, social, phenomena, and community ...