ANUFA
Vol 2 No 2 (2024): Desember

Peningkatan Keterampilan Menulis Surat Pribadi Menggunakan Media Canva pada Siswa Kelas VII A SMPN 1 Sebawi

Azwaliza, Nur (Unknown)
Melia, Melia (Unknown)
Agustina, Rini (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis surat pribadi siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Sebawi dengan memanfaatkan aplikasi Canva. Masalah yang diidentifikasi berkaitan dengan tantangan siswa dalam menulis surat pribadi yang mematuhi aturan linguistik dan menunjukkan struktur yang koheren. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang melibatkan dua siklus. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah guru-guru Indonesia yaitu Ibu Tari Muzijjah, S. Pd., dan 32 siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Sebawi. Temuan menunjukkan bahwa integrasi Canva dalam proses pembelajaran menumbuhkan kreativitas siswa dalam menulis surat pribadi, memfasilitasi pengembangan teks terstruktur, dan meningkatkan pemahaman mereka tentang prinsip-prinsip linguistik. Penelitian ini berkontribusi pada pengembangan metode pembelajaran bahasa Indonesia dengan memanfaatkan teknologi dan menunjukkan kemanjuran Canva dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

anufa

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

ANUFA (3031-3201) adalah jurnal yang menerbitkan artikel hasil penelitian melalui peer-review dan dapat diakses secara terbuka. Diterbitkan oleh IKAPROBSI di Indonesia. ANUFA menawarkan forum bagi para sarjana, pendidik, pakar, dan praktisi untuk menyebarluaskan dan bertukar informasi melalui ...