Penulis adalah Nur Aisyah Nasution, dengan judul“Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick untukMeningkatkan Kemampuan Berpikir pada Siswa KelasIII Madrasah Ibtidaiyah Swasta Ar-Ridho TanjungMulia Tahun Pelajaran 2020-2021”. Karya Ilmiah inimerupakan ringkasan Skripsi penulis dari SekolahTinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu.Berdasarkan pengamatan penulis di lapangan,kekecewaan penulis dalam pengamatan prosespembelajaran siswa terlihat dari berbagai aktifitas siswayang kurang motivasi untuk belajar. Untuk itu penulismengharapkan kepekaan pengajar dalam upayameningkatkan dan membangkitkan motivasi belajarsiswa sehingga dapat lebih mengembangkan kemampuanberpikir siswa.Penelitian yang penulis ajukan ini adalahpenelitian tindakan kelas (PTK). Adapun jenis PTK yangdigunakan adalah PTK dalam bentuk partisipan, karenapeneliti terlibat langsung sebagai guru model dalampenelitian ini, sedangkan sebagai pengamat (observer)adalah guru kelas di sekolah tersebut.Penelitian ini menggunbakan 2 siklus dengan 4kegiatan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, danrefleksi.Tujuan dari penelitian ini adalah inginmengetahui apakah model penerapan pembelajaranTalking Stick dapat meningkatkan kemampuan berpikirsiswa khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesiadi kelas III Madrasah Ibtidaiyah Swasta Ar-RidhoTanjung Mulia Tahun Pekajaran 2020-2021.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modelpembelajaran Talking Stick dapat meningkatkankemampuan berpikir siswa, hal ini terlihat dari kenaikanperolehan hasil pengamatan pada sisklus pertama dankedua. Pada siklus I diperoleh skor yaitu 33% dan padasiklus kedua diperoleh skor 83%.
Copyrights © 2023