Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana integrasi pendidikan karakter kerja keras dalam pelaksanaan pembelajaran PPKn di SMP Negeri 3 Watopute. Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat deskriptif, dengan menggunakan pendekatan kualitatif, responden, Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Watopute, Tenaga Guru didik SMP Negeri 3 Watopute yang berjumlah 2 orang, Anak didik SMP Negeri 3 Watopute yang berjumlah 25 orang, Metode penelitian dilakukan dengan mengadakan observasi langsung yaitu melakukan pengamatan langsung di SMP Negeri 3 Watopute untuk mengamati keadaan Sekolah, Guru, dan Siswa yang ada di SMP Negeri 3 Watopute. Hasil penelitian menujukan bahwa Integrasi pendidikan karakter kerja keras dalam pembelajaran di SMP Negeri 3 Watopute dapat dilakukan dengan menggunakan pendekatan nilai-nilai karakter. Nilai tersebut meliputi nilai tanggung jawab, disiplin, jujur, percaya diri, santun, kerja keras, kerja sama, menghargai, bersahabat/komunikatif, teliti dan cermat. Dengan penyesuain pada RPP dan silabus pembelajaran dan ada yang menggunakan teknik peberian tugas kepada peserta didik agar melatih peserta didik untukr dapat bekerja keras dala menyelesaikan tugas yang telah diberikan oleh guru didik di SMP Negeri 3 Watopute Kesimpulan dari penelitian in bahwa  integrasi pendidikan karakter kerja kerasdalam pembelajan PPKn di SMP Negeri 3 Watopute dapat dilakukan pada setiap mata pelajaran. Materi pembelajaranyang berkaitan dengan norma atau nilai-nilai pada setiap mata pelajaran perlu dikembangkan, dieksplisitkan, dikaitkan dengan konteks kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, pembelajaran nilai-nilai karakter tidak hanya pada tataran kognitif, tetapi menyentuh pada internalisasi, dan pengamalan nyata dalam kehidupan peserta didik sehari-hari dimasyarakat.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023