Indonesian Journal of Learning and Instructional Innovation
Vol 2 No 01 (2024): Indonesian Journal of Learning and Instructional Innovation: June

Evaluasi Pelaksanaan Program Praktik Kerja Lapangan Di SMK Tamtama 1 Sidareja

Aris Budianto (Unknown)
Yuyun Estriyanto (Unknown)
Budi Tri Cahyono (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini mengevaluasi pelaksanaan program Praktik Kerja Lapangan (PKL) di SMK Tamtama 1 Sidareja untuk mengetahui efektivitasnya dalam mempersiapkan siswa memasuki dunia kerja. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya pendidikan kejuruan dalam menciptakan tenaga kerja yang kompeten dan berdaya saing di era globalisasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pelaksanaan program PKL dengan menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, Product). Metode penelitian yang digunakan adalah pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan program PKL belum optimal, terdapat kesulitan dalam mencari tempat PKL yang sesuai dengan jurusan mahasiswa, dan mahasiswa kurang memahami deskripsi pekerjaan dan adaptasi dengan lingkungan kerja. Selain itu, ditemukan bahwa bimbingan dan pengawasan dari instruktur masih kurang, yang berdampak pada kreativitas dan kesiapan kerja siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah diperlukan perbaikan dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program PKL untuk meningkatkan kesiapan kerja lulusan. Kontribusi dari penelitian ini adalah memberikan rekomendasi untuk perbaikan pelaksanaan program PKL di SMK Tamtama 1 Sidareja dan menjadi referensi untuk penelitian sejenis di masa yang akan datang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ijolii

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Indonesian Journal of Learning and Instructional Innovation is peer reviewed journal of educational technology research which publishes reviews, analysis, dan empirical research on designing, developing, managing, utilizing and evaluating educational Technology to facilitating learning and improving ...