Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series
Vol 7, No 4 (2024): Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series

Penggunaan Media Wordwall (Open The Box) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VI Pada Mata Pelajaran IPAS di SD Negeri Serengan 2 Surakarta

Anggit Prahesti (Unknown)
Ni Putu Desy Siantia Dewi (Unknown)
Nur Hasanah (Unknown)
Jenny Indrastoeti Siti Poerwanti (Unknown)
Cahya Nurul Huda (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2024

Abstract

Pada era digital ini, teknologi memiliki peran penting dalam transformasi pendidikan, dengan menyediakan pengalaman belajar yang interaktif. Namun, masih terdapat banyak guru yang belum mengoptimalkan penggunaan teknologi, sehingga metode pengajaran yang diterapkan cenderung konvensional dan berdampak pada hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VI di SD Negeri Serengan 2 Surakarta pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) melalui pemanfaatan media pembelajaran Wordwall, khususnya fitur "Open the Box." Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan, dengan persentase siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) meningkat dari 46,43% pada pre-test menjadi 92,86% pada post-test. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan Wordwall dapat meningkatkan keterlibatan dan pemahaman peserta didik, serta berfungsi sebagai alternatif dalam pengajaran berbasis teknologi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SHES

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series is a peer-reviewed interdisciplinary journal with broad coverage, consolidate basic and applied research activities by publishing the proceedings of the conference in all areas of the social sciences, humanities and ...