Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series
Vol 7, No 4 (2024): Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series

Peningkatan Pengetahuan Siswa Kelas 5 SD Tentang Sifat-Sifat Cahaya Melalui Metode Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Model Demonstrasi Dan Percobaan Sederhana

Mashuri Mashuri (Unknown)
Muhammad Budiyanto (Unknown)
Rokhmaniyah Rokhmaniyah (Unknown)
Endah Rumentah (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2024

Abstract

Pengetahuan siswa kelas 5 SD Angkasa Lanud Adi Soemarmo mengenai sifat-sifat cahaya masih tergolong rendah, ditunjukkan oleh hasil belajar yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Kondisi ini memerlukan upaya perbaikan melalui metode pembelajaran yang efektif dan interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan siswa tentang sifat-sifat cahaya melalui penerapan metode pembelajaran inkuiri terbimbing dengan model demonstrasi dan percobaan sederhana. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga tahap: pra-siklus, siklus I, dan siklus II. Subjek penelitian adalah 14 siswa. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan. Pada tahap pra-siklus, hanya 14,3%. Setelah penerapan metode inkuiri terbimbing pada siklus I, persentase siswa yang mencapai KKM meningkat menjadi 50%. Peningkatan lebih lanjut terjadi pada siklus II, yaitu 85,7%. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan metode pembelajaran inkuiri terbimbing dengan model demonstrasi dan percobaan sederhana efektif dalam meningkatkan pengetahuan siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SHES

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series is a peer-reviewed interdisciplinary journal with broad coverage, consolidate basic and applied research activities by publishing the proceedings of the conference in all areas of the social sciences, humanities and ...