Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series
Vol 7, No 4 (2024): Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series

Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Infografis Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPAS di SDN Sabranglor

Silviana Nur Hamidah (Universitas Sebelas Maret)
Rizky Fauzi Tasyakuriana (Universitas Sebelas Maret)
Ramadhini Rudi Santoso (Universitas Sebelas Maret)
Rokhmaniyah Rokhmaniyah (Universitas Sebelas Maret)
Miftah Jayanti (Universitas Sebelas Maret)
Siwi Handayani (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2024

Abstract

Pendidikan yang berkualitas sangat penting untuk perkembangan peserta didik, terutama di era informasi dan teknologi, di mana peran guru sebagai pendidik profesional sangat krusial. Dalam konteks ini, mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) menjadi landasan untuk membentuk pemahaman peserta didik tentang lingkungan dan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik kelas VI SDN Sabranglor melalui penerapan model Project-Based Learning (PjBL) berbantuan infografis. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu pra-siklus, siklus 1, dan siklus 2, guna mengidentifikasi masalah awal dan menerapkan tindakan yang sesuai. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Penerapan model PjBL berbantuan infografis membantu peserta didik untuk aktif berpartisipasi, menciptakan pengalaman belajar yang menarik, serta meningkatkan pemahaman konseptual mereka. Berdasarkan teori konstruktivisme, model PjBL dengan proyek infografis mampu menciptakan pengalaman belajar yang menarik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SHES

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series is a peer-reviewed interdisciplinary journal with broad coverage, consolidate basic and applied research activities by publishing the proceedings of the conference in all areas of the social sciences, humanities and ...