Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series
Vol 7, No 4 (2024): Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series

Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Pada Mata Pelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Peserta Didik Kelas II B SDN Kemasan 1 Kota Surakarta

Umi Latifah (Universitas Sebelas Maret)
Oktavia Nurhana Zulfa (Universitas Sebelas Maret)
Idam Ragil Widianto Atmojo (Universitas Sebelas Maret)
Wahyu Widi Wijayanti (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Matematika dengan menggunakan model pembelajaran konteskstual pada peserta didik kelas II B. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus yang terdiri dari dua siklus. Sebagai subjek peserta didik kelas II B SDN Kemasan 1 berjumlah 22 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis kualitatif, yaitu reduksi data, sajian data, dan verifikasi. Setelah dilakukan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama 2 kali pertemuan dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Hasil penelitian tindakan kelas pada siklus I menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar daripadda sebelum pra siklus; 2) Pendekatan kontektual dapat meningkatkan pemahaman makna, perhatian dan rasa ingin tahu peserta didik; 3) Pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kemampuan guru dalam mengajar. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas selama 2 kali pertemuan dapat membuktikan dengan penerapan Pendekatan Kontekstual dalam pembelajaran Matematika dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas II B SDN Kemasan 1

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SHES

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series is a peer-reviewed interdisciplinary journal with broad coverage, consolidate basic and applied research activities by publishing the proceedings of the conference in all areas of the social sciences, humanities and ...