Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan informasi yang berkaitan dengan pengembangan model pembelajaran inkuiri berbasis sikap ilmiah pada pembelajaran pelestarian makhluk hidup. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Kualitatif (Qualitative Research), dilakukan analisis pengembangan yang berhubungan dengan isu-isu lingkungan Aceh. Dari analisis pengembangan ini diperoleh hasil bahwa model pembelajaran inkuiri berbasis sikap ilmiah pada pembelajaran pelestarian makhluk hidup dapat diterapkan melalui kegiatan pembelajaran yang mengkaji permasalahan pelestarian makhluk hidup dan lingkungan Aceh; pembelajaran yang efektif, terintegrasi dalam pembelajaran dan kegiatan lapangan yang dapat memperjelas pembelajaran di kelas; menekankan pada kemampuan pengetahuan dan keterampilan agar siswa peduli terhadap pelestarian makhluk hidup dan lingkungan Aceh; mengembangkan aktivitas inkuiri dan aktivitas sikap ilmiah secara nyata; menggunakan metode dan media pembelajaran yang bervariasi. Materi pembelajaran pelestarian makhluk hidup dapat diintegrasikan dengan sasaran, prinsip, dan metode dalam model pembelajaran inkuiri berbasis sikap ilmiah (pengembangan silabus inkuiri berbasis sikap ilmiah, bahan ajar, lembar kegiatan siswa (LKS), tes pelestarian makhluk hidup, dan skala sikap).
Copyrights © 2024