Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 12, No 3 (2024): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Penerapan Model Pembelajaran Dick and Carey dengan Media Puzzle untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Berteman dalam Keragaman pada Siswa Kelas II

Puji Asih (Universitas Sebelas Maret)
Suhartono Suhartono (Universitas Sebelas Maret)
Ngatman Ngatman (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2025

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilatar belakangi motivasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas II SD Negeri Sitibentar yang masih rendah dan hasil belajar Bahasa Indonesia beberapa siswa yang belum mencapai KKTP (Kreteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar Bahasa Indonesia materi Berteman dalam Keragaman pada siswa kelas II SD Negeri Sitibentar tahun 2023/2024. Peneliti melaksanakan PTK dalam tiga siklus yang terdiri dari lima pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase motivasi belajar pada siklus I sebesar 76,28%, siklus II sebesar 82,61%, dan siklus III sebesar 91,94%. Persentase siswa tuntas pada siklus I sebesar 75%, pada siklus II sebesar 85,71%, dan pada siklus III sebesar 89,29%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Dick and Carey dengan media puzzle dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar Bahasa Indonesia materi Berteman dalam Keragaman pada siswa kelas II SD Negeri Sitibentar tahun 2023/2024.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...