Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 12, No 3 (2024): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Peningkatan Kreativitas dalam Pembelajaran IPAS Melalui Model Project Based Learning

Adib Nurul Huda (Universitas Sebelas Maret)
Suhartono Suhartono (Universitas Sebelas Maret)
Rokhmaniyah Rokhmaniyah (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2024

Abstract

Pembelajaran IPAS memberi kesempatan siswa untuk berkreasi dengan kreativitasnya, pada pemahaman konsep mengenai ilmu pengetahuan alam dan sosial.Tujuan penelitian ini yaitu: mendeskripsikan penerapan model Project Based Learning (PjBL) serta untuk meningkatkan kreativitas siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini ialah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Tambakjero. Data yang digunakan berupa kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan penilaian produk kreatif, observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan model PjBl dapat meningkatkan kreativitas siswa. Hasil kreativitas siswa siklus I sebesar 77,80%, siklus II sebesar 81,03%, dan siklus III sebesar 89,37%. Peneliti dapat menyimpulkan bahwa penerapan model PjBl dapat meningkatkan kreativitas dalam pembelajaran IPAS pada siswa kelas IV SD Negeri Tambakrejo tahun ajaran 2023/2024.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...