Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 13, No 1 (2025): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan Media Switch Card untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Materi Bangun Datar pada Siswa Kelas IVB SDN 2 Pejagoan Tahun Ajaran 2023/2024

Shofia Muna Adibah (Universitas Sebelas Maret)
Ngatman Ngatman (Universitas Sebelas Maret)
Dewi Indrapangastuti (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
11 Apr 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model Teams Games Tournament (TGT) dengan media switch card, meningkatkan keaktifan belajar matematika materi bangun datar, dan mendeskripsikan kendala dan solusi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IVB. Data yang digunakan berupa data kuantitatif dan kualitatif yang bersumber dari siswa, guru, teman sejawat dan dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik nontes berupa observasi dan wawancara. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model TGT dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika materi bangun datar, terbukti dengan peningkatan rata-rata hasil keaktifan belajar pada siklus I, yaitu 73,36%, siklus II, yaitu 85,19%, dan siklus III, yaitu 90,33%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model TGT dengan media switch card, dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika tentang materi bangun datar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...