Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 12, No 3 (2024): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Pengembangan E-Modul Dengan Aplikasi Flip Pdf Professional Pada Mata Pelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan Kelas XI SMA Negeri Ambulu Kabupaten Jember

Reka Wahyu Agustin (Universitas Jember)
Joko Widodo (Universitas Jember)
Dwi Herlindawati (Universitas Jember)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan e-modul yang layak serta menarik dalam mendukung pembelajaran prakarya dan kewirausahaan di kelas XI SMA Negeri Ambulu. Jenis penelitian pengembangan ini menggunakan jenis research and development (R&D) dan menggunakan model pengembangan 4D (Four D) yang meliputi define, design, develop, dan disseminate. Kelayakan e-modul dievaluasi melalui validasi oleh validator materi dan desain. E-modul yang dikembangkan peneliti dirancang menggunakan bantuan aplikasi Flip Pdf Profesional. E-modul ini tidak hanya berisi materi dalam bentuk teks, tetapi juga memuat unsur multimedia didalamnya. Hasil validasi yang diperoleh menunjukkan hasil validasi dari para ahli materi dan desain masing-masing memperoleh skor 97% dan 96,87%, dengan kategori sangat layak. Sementara itu, respons siswa mendapat skor sebesar 94%, yang dikategorikan sangat menarik. Berdasarkan hasil uji tersebut, disimpulkan bahwa e-modul dengan berbantuan aplikasi Flip Pdf Professional layak untuk digunakan dalam pembelajaran mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...