Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 12, No 3 (2024): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Media Keranjang Asyik untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika tentang Perkalian BIilangan Cacah Pada Siswa Kelas IIA SDN 2 Pejagoan Tahun Ajaran 2023/2024

Ragil Anin Ditya (Universitas Sebelas Maret)
Wahyudi Wahyudi (Universitas Sebelas Maret)
Dewi Indrapangastuti (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan media keranjang asyik, (2) meningkatkan pembelajaran matematika tentang perkalian bilangan cacah, dan (3) mendeskripsikan kendala solusi. Penelitian ini merupakan PTK kolaboratif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data dilakukan menggunakan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: (1) langkah model PBL dengan media keranjang asyik yaitu: orientasi masalah, pengorganisasian belajar, pembimbingan, penyajian hasil, analisis dan evaluasi, (2) terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa yaitu persentase rata-rata siklus I = 71,88, siklus II = 85,94%, dan siklus III = 100%, (3) kendala yang dihadapi: belum semua siswa aktif dalam pembelajaran, belum semua siswa aktif berdiskusi dan menaggapi, dan siswa belum percaya diri. Solusinya: melakukan tanya jawab selama pembelajaran, memberi motivasi, dan memberi arahan agar siswa aktif. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model PBL dapat meningkatkan pembelajaran matematika tentang perkalian bilangan cacah kelas IIA SDN 2 Pejagoan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...