Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 13, No 1 (2025): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Implementasi Model Scientific Reading Based Project (SRBP) pada Mata Pelajaran Seni Rupa untuk Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Siswa Kelas 1 SD Negeri 2 Jatisari

Hafika Nuri Mahta (Universitas Sebelas Maret)
Tri Saptuti Susiani (Universitas Sebelas Maret)
Kartika Chrysti Suryandari (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2025

Abstract

Semangat berwirausaha sangat  penting dikembangan di kalangan masyarakat Indonesia guna  meningkatkan pertumbuhan wirausaha sebagai salah satu inisiatif untuk mengurangi jumlah pengangguran dan kemiskinan. Salah satu cara dalam meningkatkan jiwa kewirausahaan adalah dengan mengintegrasikan pembelajaran bertema kewirausahaan dalam kegiatan pembelajaran, Penelitian dilakukan untuk meningkatkan jiwa kewirausahaan, dan mendeskripsikan respon siswa terhadap penerapan model Scientific Reading Based Project (SRBP) dalam mata pelajaran Seni Rupa ecoprint. Penelitian dilaksanakan menggunakan metode tindakan kelas, dengan subjek siswa kelas I SD Negeri 2 Jatisari dan guru kelas I. Data yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penerapan model SRBP dalam mata pelajaran Seni Rupa mampu meningkatkan jiwa kewirausahaan siswa dan siswa memiliki keterampilan dalam membuat taplak dan tas ecoprint yang dapat memiliki nilai jual.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...