Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 12, No 3 (2024): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan Media Konkret untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika

Agustin Kharisma Dewi (Universitas Sebelas Maret)
Wahyudi Wahyudi (Universitas Sebelas Maret)
Rokhmaniyah Rokhmaniyah (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan penerapan model PjBL dengan media konkret, (2) meningkatkan kemampuan berpikir kritis, (3) meningkatkan hasil belajar (4) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan model PjBL dengan media konkret dalam pembelajaran matematika tentang bangun ruang pada siswa kelas V. Hasil penelitian yaitu (1) langkah penerapan model PjBL yaitu (a) perencanaan proyek dengan media konkret, (b) penentuan tahapan pengerjaan proyek dengan media konkret, (c) penentuan jadwal pembuatan proyek dengan media konkret, (d) monitoring dalam menyelesaikan proyek dengan media konkret, (e) menguji hasil proyek dengan media konkret, dan (f) evaluasi proyek dengan media konkret. (2) hasil observasi kemampuan berpikir kritis siklus I = 66,67%, siklus II = 76,33%, siklus III = 85,99%. (3) hasil belajar matematika dengan presentase ketuntasan siklus I =72,73%, siklus II = 100%, dan siklus III = 100%. (4) Kendala yang dihadapi dalam penerapan penerapan model PjBL dengan media konkret antara lain; siswa kurang aktif dan kurang memperhatikan guru dapat diatasi dengan memberikan motivasi dan bimbingan kepada siswa. Kesimpulan penelitian ini yaitu penerapan model PjBL dengan media konkret dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika tentang bangun ruang pada siswa kelas V SD Negeri 3 Klapasawit tahun ajaran 2023/2024.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...