Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 12, No 3 (2024): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dengan Media Konkret untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika Materi Pecahan pada Siswa Kelas III SD Negeri I Klapasawit Tahun Ajaran 2023/2024

Diah Rahma Sulistiani (Universitas Sebelas Maret)
Ngatman Ngatman (Universitas Sebelas Maret)
Rokhmaniyah Rokhmaniyah (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah penerapan model NHT dengan media konkret dan meningkatkan pembelajaran Matematika materi pecahan. Jenis penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian terdiri dari guru, peserta didik kelas III SDN 1 Klapasawit. Data yang digunakan yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan tes. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian penerapan model NHT dengan media konkret untuk meningkatkan pembelajaran Matematika materi pecahan melalui langkah-langkah (1) penyampaian tujuan dan menyiapkan peserta didik; (2) menyampaikan materi pembelajaran; (3) pemberian kuis individu; (4) pembuatan kelompok dan penomoran; (5) pengajuan pertayaan; (6) berpikir bersama (head together); (7) pemberian jawaban; (8) kesimpulan. Persentase rata-rata hasil belajar siklus I = 82,8%, siklus II = 88,4%, siklus III = 96,2%. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan model NHT dengan media konkret dapat meningkatkan pembelajaran Matematika materi pecahan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...