Edumath
Vol 17 No 1 (2025): Edumath Volume 19 Nomor 1 Februari 2025

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Qomarijah, Oemi Noer (Unknown)
Marcella, Vinna (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar matemaatika siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian adalah Pre-Eksperimental Design yang menggunakan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kabuh. Teknik pemilihan sampel menggunakan simple random sampling, siswa yang terpilih yaitu kelas VII – B dengan jumlah 32 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu pretest dan posttest pada mata pelajaran matematika materi persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas dan uji hipotesis Paired Sample t-Test. Hasil analisis data dan pengujian hipotesis yang telah dilakukan, hasil uji Paired Sampel t-Tes menggunakan SPSS for windows versi 26 diperoleh nilai diperoleh nilai thitung sebesar -5,451 dan nilai sig sebesar . berdasarkan tabel t diperoleh nilai t-tabel sebesar2,03951, karena thitung>ttabel maka pengambilan keputusan H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya ada perbedaan antara sebelum dengan sesudah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar matematika siswa. Maka dapat disimpulkan ada perbedaan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar matematika siswa SMP

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edumath

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Artikel yang dimuat dalam jurnal "Edumath" meliputi naskah tentang hasil-hasil penelitian yang dilakukan oleh Dosen, Guru atau mahasiswa dibidang pendidikan matematika atau matematika, penelitian matematika murni, penelitian aplikasi matematika dalam kehidupan sehari hari dan penelitian literature ...