Journal of Development Education and Learning
Vol. 2 No. 2 (2024): May 2024

Analisis Kesulitan Belajar Matematika Dan Alternatif Pemecahannya Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 015 Pangkalan Tampoi

Rojak, Abdul (Unknown)
Karyatin, Karyatin (Unknown)
Yulianto, Yulianto (Unknown)
Maharani, Yuni (Unknown)
Trisnawati, Uci (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 May 2024

Abstract

Masih banyaknya siswa kelas IV SD Negeri 015 Pangkalan Tampoi yang mengalami kesulitan belajar dalam memahami operasi hitung bilangan bulat penjumlahan dan pengurangan yang disajikan dalam bentuk soal cerita dan kesulitan dalam operasi hitung perkalian dan pembagian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 015 Pangkalan Tampoi dan memberikan solusi atau alternatif penyelesaian untuk mengatasi kesulitan belajar tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 015 Pangkalan Tampoi. Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan kesulitan belajar matematika berupa: 1) Kesulitan dalam mengerjakan penyelesaian penjumlahan dan pengurangan dalam bentuk soal cerita matematika; 2) Kesulitan dalam menyelesaikan operasi hitung perkalian dan pembagian matematika. Simpulan penelitian ini yaitu terdapat kesulitan belajar matematika pada siswa sekolah dasar berupa kesulitan dalam operasi hitung penjumlahan dan pengurangan yang disajikan dalam bentuk soal cerita dan kesulitan dalam operasi hitung perkalian dan pembagian.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jodel

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Development Education and Learning and Learning (Jodel) is an electronic journal which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, ...