Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbahasa santri Pondok Pesantren Darul Lughah Wad Dirasat Islamiyah Pamekasan melalui program pendampingan dan penguatan yang diberikan kepada santri tingkat mutawassith, mengingat tingkatan ini merupakan tingkatan menengah dalam pembelajaran bahasa arab, sehingga membutuhkan pendampingan khusus agar keterampilan santri dapat cepat berkembang dan mencapai tingkatan diatasnya yaitu tingkat mutaqaddim. Penelitian ini menggunakan metode Participatory Action Research (PAR). Pendekatan PAR dipilih karena memungkinkan adanya kolaborasi aktif antara peneliti dan partisipan, dengan fokus pada pemberdayaan dan perubahan langsung. Proses penelitian dimulai dari mengidentifikasi masalah melalui observasi dan diskusi kelompok terarah, diikuti dengan perancangan program pendampingan yang berupa pelatihan intensif tentang metode pembelajaran yang lebih efektif. Kegiatan pendampingan ini melibatkan para ustadzah di tingkat mutawassith yang mana selama dan setelah program dilakukan observasi partisipatif dan sesi refleksi untuk mengevaluasi dampak dari pembinaan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam keterampilan bahasa arab santri. Hal ini dapat dilihat dari keterampilan santri yang berkembang dari hari ke hari khususnya pada keterampilan kalam dan kitabah.
Copyrights © 2024