PUSAKA: Journal of Educational Review
Vol. 2 No. 2 (2025): Developing Generation Alpha’s Skills in the Digital Era

Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Lapbook terhadap Berpikir Kritis IPS kelas IV

Sri Dewanti, Delfina (Unknown)
Yonanda , Devi Afriyuni (Unknown)
Yanto, Ari (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2025

Abstract

  Berpikir kritis dapat diartikan sebagai proses dan kemampuan yang digunakan untuk memahami konsep, menerapkan, mensintesis dan mengevaluasi informasi yang diperoleh atau informasi yang dihasilkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model Problem Based Learning dengan dukungan media lapbook pada mata Pelajaran IPS kelas IV. Metode penelitian mengunakan metode SLR (Sysematic Literatur Review). Pengumpulan data diperoleh melalui artikel yang terkait pada penelitian yang serupa yaitu terkait pembelajaran Problem Based Learning (PBL), kemampuan berpikir kritis, dan media lapbook. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahawa siswa yang menggunakan paradigma pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan lapbook mengalami peningkatan kemampuan berpikir kritis.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pjer

Publisher

Subject

Education Other

Description

PUSAKA: Journal of Educational Review committed to providing a streamlined submission process, rapid review and publication, and a high level of author service at every stage. It is a multi-disciplinary, open access, innovation-focused journal publishing research results from a broad range of ...