PUSAKA: Journal of Educational Review
Vol. 2 No. 2 (2025): Developing Generation Alpha’s Skills in the Digital Era

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar IPA

Listiani, Tia (Unknown)
Yonanda, Devi Afriyuni (Unknown)
Anshori, Yoyo Zakaria (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2025

Abstract

Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh meningkatnya hasil belajar pada pembelajaran IPA di sekolah dasar pada model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Model pembelajaran TGT merupakan model pembelajaran berbasis pembelajaran Permainan antar kelompok. Artikel ini ditulis untuk mengeksplorasi dampak model pembelajaran TGT terhadap hasil belajar peserta didik SD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Systematic Literature Review (SLR). Metode SLR merupakan istilah yang mengacu pada suatu metode ini yang digunakan untuk melakukan kajian kritis, gagasan, temuan, serta pengetahuan untuk penarikan kesimpulan teoretik untuk digunakan sebagai acuan pada rentan publikasi 2019-2024 dengan memasukan kata kunci “penggunaan model pembelajaran tipe TGT terhadap hasil belajar” dikolom referensi. Hasil penelitian yang telah dilakukan dengan cara mengkaji ulang dari beberapa artikel jurnal menunjukan bahwa model pembelajaran TGT dapat di gunakan pada mata pelajaran IPA berpengaruh pada hasil belajar peserta didik oleh karena itu model pembelajaran TGT ini sangat cocok jika dipergunakan dalam mata pelajaran IPA dengan kombinasi permainan yang unik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pjer

Publisher

Subject

Education Other

Description

PUSAKA: Journal of Educational Review committed to providing a streamlined submission process, rapid review and publication, and a high level of author service at every stage. It is a multi-disciplinary, open access, innovation-focused journal publishing research results from a broad range of ...