Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Vol 3, No 2 (2023): Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika

Pengembangan Media Papan Pecahan terhadap Pemahaman Konsep Matematika pada Siswa Sekolah Dasar

Fitriana, Nadia Putri Dwi (Unknown)
Rusmana, Indra Martha (Unknown)
Isnaningrum, Idha (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendesain dan mengembangkan media pembelajaran matematika berupa papan pecahan bagi siswa kelas III Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE dengan tahap sistematis yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Hasil berdasarkan penelitian dan pembahasan secara singkat dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran papan pecahan ini memiliki kriteria layak dengan perolehan presentase dari ahli media sebesar 83,5%, ahli materi sebesar 82,67%, ahli bahasa sebesar 77%, hasil Post-test siswa sebesar 86% dan uji coba skala kecil sebesar 95,5%. Sehingga tingkat validasi media pembelajaran papan pecahan terhadap pemahaman konsep matematika siswa ini diinterprestasikan layak untuk digunakan dalam proses belajar mengajar pada peserta didik Sekolah Dasar Kelas III.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

himpunan

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika aims as a medium of exchange of information and scientific works among the teaching staff and students on the field of Mathematics Education; Applied Mathematics; Mathematics Education, Technology, & Learning Evaluation; Etnomathematics. ...