Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Vol 4, No 1 (2024): Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika

Pengembangan Media Pembelajaran Video Stop-Motion Pada Materi Bangun Datar Berbasis Etnomatematika

Wulandari, Annisa Fitri (Unknown)
Qurani, Ariqah Anzila (Unknown)
Anggraini, Avita (Unknown)
Gumilar, Rizkia Tiara Putri (Unknown)
Karim, Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2024

Abstract

Matematika merupakan ilmu abstrak dan konkret yang akan lebih bermakna bila dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari. Salah satu media pembelajaran matematika yang dapat membantu mengenalkan konsep matematika sekaligus budaya adalah video stop-motion berbasis etnomatematika yakni terkait Rumah Adat Riau : Selaso Jatuh Kembar untuk materi bangun datar kelas IV SD.  Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu R&D atau research and development untuk mengembangkan suatu produk sumber belajar. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Data yang dikumpulkan dalam menganalisis kebutuhan diambil dengan cara wawancara dengan guru wali kelas IV SD yang juga mengajar matematika di kelasnya. Uji kelayakan media telah diuji bersama rekan mahasiswa dan dosen yang memiliki keahlian di bidang media dan materi pembelajaran guna mendapakan masukan serta saran untuk menyempurnakan media pembelajaran ini. Dengan adanya media pembelajaran video stop-motion  berbasis etnomatematika ini dapat membantu meningkatkan minat belajar dan menumbuhkan kreativitas peserta didik serta memudahkan peserta didik untuk memahami konsep materi bangun datar yang sebelumnya abstrak menjadi lebih konkret.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

himpunan

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika aims as a medium of exchange of information and scientific works among the teaching staff and students on the field of Mathematics Education; Applied Mathematics; Mathematics Education, Technology, & Learning Evaluation; Etnomathematics. ...