Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan pemahaman materi barisan dan deret antara siswa SMK Negeri dan SMK Swasta. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner berupa soal pilihan ganda kepada siswa SMK Negeri dan SMK Swasta menggunakan Google Form. Uji prasyarat dilakukan untuk menguji normalitas dan homogenitas data. Hasil analisis menunjukkan bahwa kedua kelompok siswa memiliki pemahaman yang terdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya, dilakukan uji komparasi menggunakan uji-t untuk membandingkan pemahaman antara kedua kelompok siswa. Hasil uji menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dalam pemahaman materi barisan dan deret antara siswa SMK Negeri dan SMK Swasta. Kesimpulannya, siswa SMK Negeri memiliki pemahaman yang lebih baik dibandingkan siswa SMK Swasta dalam materi barisan dan deret. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam memahami perbedaan pemahaman matematika antara siswa dari kedua jenis sekolah tersebut.
Copyrights © 2024