Penelitian ini adalah penelitian replikasi yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan perilaku menolong anak usia dini yang diberikan cerita moral dan nonmoral. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah cerita moral yang menekankan emosi positif pengamat karena mampu mendukung perkembangan moral anak terutama pada intensi dan perilaku. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria subjek anak berusia 5-6 tahun, kategori normal atau tidak berkebutuhan khusus, serta belum pernah membaca atau mendengarkan cerita dalam intervensi. Subjek penelitian berjumlah 15 anak pada masing-masing kelompok eksperimen dan kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil independent sample t-test, terdapat perbedaan pemahaman cerita kedua kelompok, uji Ancova menunjukkan perbedaan niat menolong kedua kelompok, sedangkan hasil perilaku menolong menujukkan tidak adanya perbedaan. Kesimpulan penelitian adalah terdapat perbedaan niat menolong namun tidak ada perbedaan perilaku menolong anak usia dini yang diberikan metode cerita moral yang menekankan emosi positif pengamat dan cerita nonmoral.
Copyrights © 2019