Refleksi: Jurnal Riset dan Pendidikan
Vol. 2 No. 2 (2024)

ANALISIS PRINSIP AKUNTABILITAS MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) DALAM MENDUKUNG PENGELOLAAN KEUANGAN SEKOLAH

Nisa, Vadilatun (Unknown)
Rachmawati, Ananda Aisyah (Unknown)
Janah, Eliya Uslifatul (Unknown)
Trihantoyo, Syunu (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2024

Abstract

AbstrakTujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan prinsip akuntabilitas Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dalam mendukung pengelolaan keuangan sekolah dan untuk menemukan masalah yang perlu diatasi agar praktik pengelolaan keuangan sekolah menjadi lebih baik. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) dengan menggunakan model PRISMA. Dari 25 artikel yang diidentifikasi, 15 artikel memenuhi syarat untuk disintesis dan dianalisis. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep MBS memiliki tiga karakteristik utama: kemandirian, keadilan, dan keterbukaan. Prinsip-prinsip MBS, seperti kemitraan, partisipatif, efisiensi, dan akuntabilitas, memberikan landasan bagi pengelolaan sekolah yang efektif. Implementasi prinsip akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan sekolah merupakan hal yang penting, yang melibatkan transparansi, standar kinerja, dan partisipasi. Meskipun penerapan prinsip akuntabilitas memiliki dampak positif pada efektivitas pengelolaan keuangan sekolah, namun masih timbul tantangan yang perlu diatasi, seperti kurangnya pertanggungjawaban yang efektif dan keterlibatan pengawas yang kurang memadai.AbstractThe purpose of this study is to find out how the principle of accountability in School-Based Management (SBM) is used to support school financial management and to find problems that need to be addressed to improve school financial management practices. The research method used was a Systematic Literature Review (SLR) using the PRISMA model. Of the 25 articles identified, 17 articles were eligible for synthesis and analysis. The results show that the concept of SBM has three main characteristics: independence, equity, and openness. The principles of SBM, such as partnership, participation, efficiency, and accountability, provide the foundation for effective school management. It is important to apply the principle of accountability in school financial management, which involves transparency, performance standards, and participation. Although the application of the accountability principle has a positive impact on the effectiveness of school financial management, there are still challenges that need to be overcome, such as the lack of effective accountability and insufficient involvement of supervisors. 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

REF

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Refleksi: Jurnal Riset dan Pendidikan adalah jurnal ilmiah yang fokus pada publikasi artikel-artikel ilmiah dari hasil penelitian dan pendidikan interdisipliner yang dipresentasikan pada pengolahan dan analisis data sebagai contoh penerapan spesifik suatu model penelitian. Refleksi: Jurnal Riset dan ...