Penelitian ini mendeskripsikan strategi guru untuk mengelola kelas meningkatkan motivasi siswa untuk belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi dengan guru kelas V SDN Sukosari 02 Dagangan sebagai subjek penelitian. Data yang diperoleh dari penelitian ini berupa observasi dan wawancara terhadap guru kelas, yang dianalisis dengan cara mengklasifikasikan data, mereduksi data, serta menyajikan dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian juga mengungkapkan bahwa strategi pengelolaan kelas yang dilakukan guru melalui rencana pengelolaan kelas melalui penyusunan perangkat pembelajaran yang disusun sesuai dengan kebutuhan siswa. Motivasi belajar yang diberikan guru kelas adalah membuat aktivitas pembelajaran yang menarik menggunakan media pembelajaran yang beragam yang mendorong siswa untuk belajar sesuai kemampuan. Penelitian memberikan kesimpulan bahwa motivasi belajar siswa dapat meningkat dengan adanya strategi guru dalam pengelolaan kelas. This study describes the teacher's strategy to manage the class in increasing students' motivation to learn. This study uses a qualitative phenomenological approach with class V teachers of SDN Sukosari 02 Dagangan as the research subjects. The data obtained from this study were in the form of observations and interviews with class teachers, which were analyzed by classifying data, reducing data, and presenting and drawing conclusions. The results of the study also revealed that the class management strategy carried out by teachers through class management plans through the preparation of learning devices that are arranged according to student needs. The learning motivation given by class teachers is to create interesting learning activities using various learning media that encourage students to learn according to their abilities. The study concluded that student learning motivation can be increased by the teacher's strategy in class management.
Copyrights © 2024