Permasalahan karakter seringkali muncul pada anak usia sekolah. Pancasila sebagai ideologi berperan penting dalam membangun karakter masyarakat Indonesia. Karena Pancasila sebagai ideologi yang memegang peranan penting dalam membangun karakter bangsa Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan nilai-nilai pancasila sebagai pendidikan karakter di sekolah dasar. Metode yang kami gunakan adalah penelitian kualitatif, penelitian ini tidak menggunakan alat statistik, menekankan pada pengamatan dan penelitian lebih lanjut terhadap fenomena. Penelitian kualitatif berfokus pada observasi dan pengumpulan data secara mendalam dengan memberikan penjelasan analitis tambahan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara. Penelitian dilakukan di SDN Sukosari 2 Dagangan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat kendala dalam penerapan nilai-nilai Pancasila di sekolah dasar, misalnya masih ada anak yang kesulitan, ada anak yang mempunyai kebiasaan buruk di luar sekolah dan terbawa ke sekolah. Oleh karena itu, sekolah harus mampu mengatasi kendala tersebut dengan terus melibatkan siswa, membimbing dan mengembangkan siswa, serta membangun kemitraan antara sekolah dan orang tua. Character problems often arise in school-age children. Pancasila as an ideology plays an important role in building the character of the Indonesian people. Because Pancasila as an ideology plays an important role in building the character of the Indonesian nation. The purpose of this study is to determine how the application of Pancasila values as character education in elementary schools. The method we use is qualitative research, this study does not use statistical tools, emphasizing observation and further research on phenomena. Qualitative research focuses on observation and in-depth data collection by providing additional analytical explanations. The data collection method in this study is interviews. The study was conducted at SDN Sukosari 2 Dagangan. The results of the study showed that there were obstacles in the application of Pancasila values in elementary schools, for example there are still children who have difficulties, there are children who have bad habits outside of school and are carried over to school. Therefore, schools must be able to overcome these obstacles by continuing to involve students, guiding and developing students, and building partnerships between schools and parents.
Copyrights © 2024