Jurnal Online Skripsi Manajemen Rekayasa Konstruksi (JOS-MRK)
Vol. 1 No. 3 (2020): DESEMBER 2020

PERENCANAAN CONCRETE SHEET PILE UNDERPASS KARANGLO SEKSI 4 SINGOSARI-JAWA TIMUR

Abdul Khamid (Unknown)
Dandung Novianto (Unknown)
Moch. Sholeh (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2020

Abstract

Malang adalah kota terbesar kedua di Jawa Timur. Pertumbuhan penduduk dan kegiatan pendidikan tahunan mengalami peningkatan yang cukup signifikan yang menyebabkan kemacetan tinggi, sehingga perlu dikembangkan upaya untuk mengatasi hal tersebut, salah satunya dengan pembangunan jalan raya yaitu pembangunan underpass yang terletak di Jalan Singosari STA 0 + 400 interchange. Pembangunan ini untuk menghubungkan jalur jalan nasional Surabaya-Kota Malang dan menghubungkan jalur akses keluar masuk tol Pandaan-Malang. Underpass tersebut akan dibangun sepanjang 326,8 meter, lebar jalan yang akan digali adalah 18,5 meter, diperuntukan untuk 2 lajur dan 2 arah. Masing-masing jalur memiliki lebar 7 meter, lebar trotoar 0,75 meter, dan lebar median 0,8 meter.Pembangunan dinding penahan direncanakan dengan metode turap beton dengan menggunakan teknologi pracetak. Metode sheet pile beton adalah suatu metode pelaksanaan pekerjaan dinding penahan tanah berupa dinding vertikal yang relatif tipis yang berfungsi menahan tanah dan juga menahan air agar tidak masuk ke lubang galian. Metode ini merupakan tumpukan sheet pile beton pracetak dalam satu baris membentuk satu kesatuan dinding penahan. Dimensi profil sheet pile beton untuk perhitungan perencanaan yaitu profil sheet pile beton profil W-600 kelas B dan profil W-450 kelas B. Biaya pengerjaan dinding penahan dengan metode profil tiang pancang beton W-600 kelas B menghabiskan biaya Rp. 33.169.257.072, -. Sedangkan sheet pile beton profil kelas B W-450 harganya Rp. 31.247.416.694, -. Durasi pelaksanaan profil tiang pancang beton W-600 kelas B dan profil W-450 kelas B membutuhkan waktu yang sama 42 hari. Dari uraian diatas maka dipilih pelaksanaan pekerjaan dinding penahan beton dengan metode profil tiang pancang W-450 kelas B, karena dalam pelaksanaannya membutuhkan biaya yang lebih ekonomis dan memiliki kualitas struktur yang kuat.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jos-mrk

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Engineering Transportation

Description

Jurnal Online Skripsi Manajemen Rekayasa Konstruksi (JOS-MRK) adalah Jurnal Online untuk publikasi karya ilmiah dan Tugas Akhir mahasiswa (Skripsi) pada bidang ilmu teknik sipil yang dikelola oleh Politeknik Negeri Malang. Jurnal ini terbit 4 kali dalam satu tahun, yaitu pada bulan, MARET, JUNI, ...