Jurnal Online Skripsi Manajemen Rekayasa Konstruksi (JOS-MRK)
Vol. 5 No. 1 (2024): EDISI MARET

PERENCANAAN ULANG STRUKTUR ATAS JALUR KA ELAVATED YOGYAKARTA INTERNATIONAL AIRPORT MENGGUNAKAN CSI BRIDGE

Ramadani, Rizal (Unknown)
Rahman, Aulia (Unknown)
Asukmajaya, Bobby (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2024

Abstract

Struktur atas KA elevated Bandara Internasional Yogyakarta menggunakan gelagar PCI, panjang bentang 35 m terdapat 7 gelagar PCI dengan tinggi 2,1 m. Perlunya optimalisasi superstruktur jalur kereta api layang bandara internasional Yogyakarta agar as rel kereta tepat berada pada as PCI Girder yang menopangnya. Permasalahan dalam perencanaan ini adalah bagaimana merancang PCI Girder pada jembatan KA Elevated, menganalisis kehilangan gaya prategang yang terjadi pada Girder PCI, memodelkan struktur jembatan KA elevated menggunakan CSI Bridge 23, kontrol untuk setiap perhitungan hasil analisis CSI Bridge 23. Tujuan dalam perencanaan ini adalah, (1) mengetahui desain PCI Girder pada jalur KA elevated, (2) menganalisis pembebanan pada jalur KA Elevated (3) mngetahui langkah-langkah pemodelan jembatan di CSI Bridge (4) mengetahui desain elemen struktur balok prategang (5) mengetahui tegangan penampang dari analisis CSI Bridge (6) menghitung biaya material bangunan atas. Perencanaan ulang struktur atas jalur kereta api elevated bandara internasional Yogyakarta dapat dilakukan dengan mengacu pada gambar teknik yang ada, data gempa bumi, peraturan menteri No 60. Tahun 2012 tentang peraturan jalur teknis kereta api, “Standar Perencanaan Ketahanan Gempa Untuk Jembatan” SNI 2833-2019 and panduan teknis perencanaan jembatan tahun 2021. Pemodelan jembatan menggunakan CSI Bridge 23 dan analisis data menggunakan Microsoft Excel. Perencanaan struktur atas jalur KA elevated menggunakan gelagar PCI dengan tinggi 2,1 m dan 1,7 m; kehilangan gaya prategang pada PCI Girder 2,1 m adalah 23,29 % dan 1,7 m adalah 22,60%; dan analisis kehilangan gaya prategang menggunakan CSI Bridge pada PCI Girder 2,1 m adalah 23,79 % dan 1,7 m adalah 21,644%; analisa tegangan dari hasil analisis CSI Bridge  H 2,1 m Jarak 17,5 m pada atas gelagar sebesar -2,949 MPa, pada bawah gelagar sebesar -0,796 MPa ; H 1,7 m Jarak 17,5 m pada atas gelagar sebesar -4,448 MPa, pada bawah gelagar sebesar -3,07 MPa; total biaya material adalah Rp2.685.847.214

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jos-mrk

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Engineering Transportation

Description

Jurnal Online Skripsi Manajemen Rekayasa Konstruksi (JOS-MRK) adalah Jurnal Online untuk publikasi karya ilmiah dan Tugas Akhir mahasiswa (Skripsi) pada bidang ilmu teknik sipil yang dikelola oleh Politeknik Negeri Malang. Jurnal ini terbit 4 kali dalam satu tahun, yaitu pada bulan, MARET, JUNI, ...