Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pemahaman tauhid yang ada dalam QS. Al-Ikhlas beserta implementasinya di pondok pesantren Ath-Thohiriyyah Karangsalam dalam kegiatan belajar dan mengaji. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang mana dalam mencari data harus terjun kelapangan dan cermat dalam menganalisa data yang diperoleh dari narasumber. Dari hasil wawancara tersebut mendapatkan info tentang pemahaman tauhid beserta implementasinya dalam kegiatan belajar dan mengaji serta faktor-faktor yang menyebabkan santri menjadi semangat untuk belajar dan latar belakang santri menjadi malas. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa, pertama tauhid merupakan salah satu ajaran yang utama dalam beragama. Sebab dengan memahami arti tauhid, maka akan menaruh keyakinan penuh kepada Allah bahwa Dia maha Esa, tidak ada Tuhan selain-Nya. Menjadikan Allah sebagai sandaran bagi setiap hambanya yang membutuhkan. Kedua, dalam QS. Al-Ikhlas mengandung ajaran tentang ketauhidan yang paling utama. Tafsir al-Misbah menjadi acuan untuk memahami arti tauhid yang mengacu pada tiga konsep tauhid yaitu, uluhiyyah, rubbubiyyah dan asma' wa sifat. Ketiga, Implementasi tauhid di pondok pesantren Ath-Thohiriyyah dalam kegiatan belajar dan mengaji diantaranya membaca doa dan asmaul husna menyadarkan bahwa hanya dengan meminta dan memohon pertolongan Allah maka mereka bisa mengaji. Faktor lingkungan dan sistem yang telah diterapkan dapat mempengaruhi santri dalam semangatnya untuk mengaji. Kata Kunci: Tauhid, Tafsir QS. Al-Ikhlas, Implementasi
Copyrights © 2022