Journal of Biology Science and Education
Vol. 6 No. 2 (2018): Desember

Pengaruh Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Sains Terhadap Pemahaman Konsep Biologi Siswa SMA Negeri 5 Palu

Wati, Irma (Unknown)
Jamhari, Mohammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2021

Abstract

Pendekatan keterampilan proses dan pemahaman konsep siswa tidak terbatas hanya mengenal tetapi siswa juga harus bisa menghubungkan antara satu konsep dengan konsep lainnya. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ada tidaknya pengaruh penerapan pendekatan keterampilan proses sains terhadap pemahaman konsep Biologi pada siswa SMA Negeri 5 Palu. Untuk melihat keberhasilan dari penelitian ini, diadakan test awal untuk mengetahui kemampuan siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol pada materi sistem ekskresi. Pembelajaran pada kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses sains dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional (Direct Intruction). Setelah pembelajaran selesai, kedua kelas kembali diberikan test akhir untuk menguji hasilnya. Berdasarkan hasil dari kedua kelas, diperoleh nilai rata-rata dari kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut adalah 5,5 dan 6,56 untuk test awal, sedangkan untuk test akhir rata-ratanya adalah 6,34 dan 6,81. Dari hasil analisis data tes akhir yang ada diperoleh nilai ttable 0,40 sedangkan nilai thitung 0,57. Hal ini menunjukkan bahwa nilai thitung berada di luar daerah penerimaan Ho, dengan demikian Ho ditolak dan H1 diterima dengan kata lain pemahaman konsep Biologi kelompok siswa yang mendapatkan perlakuan dengan pendekatan keterampilan proses sains pada taraf nyata berbeda secara signifikan dengan kelompok siswa yang mendapatkan perlakuan dengan pembelajaran konvensional (Direct Intruction), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan pendekatan keterampilan proses sains terhadap pemahaman konsep Biologi pada siswa SMA Negeri 5 Palu.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

ejipbiol

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Immunology & microbiology

Description

Journal of Biology Science and Education (JBSE) is an Open Access Scientific Journal published by Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, Tadulako University. Journal of Biology Science and Education is a peer-reviewed journal that publishes original article in ...