Journal of Biology Science and Education
Vol. 10 No. 2 (2022): Desember

Pengaruh model pembelajaran quantum teaching terhadap kemampuan berpikir kritis biologi siswa kelas XI MIA SMA Negeri 5 Barru

Nasir, Yusrianto (Unknown)
Amri (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2022

Abstract

Model pembelajaran Quantum Teaching adalah suatu proses pembelajaran dengan menyediakan latar belakang dan strategi untuk meningkatkan proses belajar mengajar dan membuat proses tersebut menjadi lebih menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran quantum teaching terhadap kemampuan berpikir kritis biologi siswa kelas XI MIA SMA Negeri 5 Barru. Jenis penelitian ini adalah pra-eksperimen. desain peneltian ini adalah one-group pretest-posttets design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 5 Barru Tahun Ajaran 2022/2023. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Random Sampling dengan pengambilan secara acak, dimana setiap elemen atau anggota populasi memiliki kesempatan yang sama untuk dipilih menjadi sampel. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes berbentuk essai dan lembar observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Quantum Teaching efektif diterapkan dalam pembelajaran biologi pada siswa kelas XI MIA3. Hal ini ditunjukkan dengan dengan adanya pengaruh kemampuan berpikir kritis mengalami peningkatan setelah mengikuti pembelajaran biologi yang menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching. Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan setelah perlakuan dapat dilihat dari skor rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa 46,8% dan 86,8% yang diperlihatkan pada hasil analisis uji-t yaitu Sig < 0,05 yaitu sebesar 0,000.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ejipbiol

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Immunology & microbiology

Description

Journal of Biology Science and Education (JBSE) is an Open Access Scientific Journal published by Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, Tadulako University. Journal of Biology Science and Education is a peer-reviewed journal that publishes original article in ...