Penelitian ini mengangkat masalah pengaruh dalam menggunakan media rak telur pelangi pada pemahaman mengenai konsep perkalian di kelas II SDN 16 Banda Aceh. Tujuannya mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan dalam menggunakan media rak telur pelangi pada pemahaman mengenai konsep perkalian di kelas II SDN 16 Kota Banda Aceh.Pendekatan yamg digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen. Subjeknya yaitu peserta didik pada kelas II SD Negeri 16 Kota Banda Aceh yang berjumlah 28 orang, yaitu 16 laki-laki dan 12 perempuan.Berdasarkan hasil peneliti terdapat pengaruh yang signifikan dalam menggunakan media rak telur pelangi pada pemahaman mengenai konsep perkalian di kelas II SDN 16 Kota Banda Aceh. Dibuktikan dengan analisis uji-t dalam menggunakan media rak telur pelangi pada pemahaman mengenai konsep perkalian di kelas II SDN 16 Kota Banda Aceh. Taraf signifikan yang digunakan = 0,05 diperoleh nilai t0,975 (27) = 2,052 dan thitung = 13,962. Karena thitung ttabel, yaitu 13,962 2,052, sehingga Ho terbukti ditolak. Oleh karena itu disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan dalam menggunakan media rak telur pelangi pada pemahaman mengenai konsep perkalian di kelas II SDN 16 Banda Aceh.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021