Untuk meningkatkan mutu pendidikan dibutuhkannya dukungan lapisan orgasi masyarakat yang disalurkan melalui komite sekolah, namun nyatanya komite sekolah hanyalah lambang suatu organisasi saja. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimana peran komite sekolah sebagai pengontrol dalam penyelenggaraan pendidikan digugus SD Lambada Klieng Aceh Besar. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran komite sekolah sebagai pengontrol dalam penyelenggaraan pendidikan digugus SD Lambada Klieng Aceh Besar dan faktor penghambat dalam pengontrolan penyelenggaraan pendidikan.Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek yang akan diwawancarai yaitu 12 orang anggota dewan komite sekolah. Pengumpulan data dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan dengan tahapan analisis data yaitu mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian penelitian menunjukan bahwa komite sekolah dalam melaksanakan perannya sebagai pengontrol belum masksimal baik dalam akuntabilitas maupun tranparansi. Dalam hal transparansi komite sekolah masih belum maksimal terlibat baik dalam (1.).Pelaksanaan program dan kegiatan pendidikan (2.) Penyusunan rencana pengembangan sekolah (RPS). (3.) RencanaAnggaranpendapatandanbelanjasekolah (RAPBS). Begitupun keterlibatan dalam menjalankan perannya sebagai pengontrol akuntabilitas dalam (1.)Kinerjasekolah (2.)Mutusekolah (3.)Sumberdayasekolah (4.)Output Pendidikan.
Copyrights © 2020