Elementary Education Research
Vol 6, No 3 (2021): AGUSTUS 2021

PENGEMBANGAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK MELALUI KARYA MONTASE DALAM PEMBELAJARAN SENI RUPA KELAS IV SDN UNGGUL LAMPENERUT

Erna, Tati (Unknown)
Ely, Rosma (Unknown)
Adnan, Adnan (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Aug 2021

Abstract

Pengembangankreativitas peserta.didik melalui karya.montase dalam.pembelajaran.seni ripa.bisa dikembangkan dengan berkreasi, sehingga peserta.didik bisa mengalirkan bakatserta potensinyadengan membuat suatu karya.montase..Pembelajaran seni.rupa dan prakarya.melalui montase merupakann salah satucara untuk.mengembangankan kreativitas peserta.didik. .Montase merupakan kegiatan.menempel atau merekatkan.berbagai potongan.gambar dari berbagai.sumber majalah, koran, komik, foto gambar yang sudah ada atau bahan lainnya menggunakan lem pada media datar,gambar-gambar itu diatur sedemikian rupa sehingga membuat gambar baruyang mencapai.makna. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah.bagaimana pengembangann kreativitas.pesertadidik.melalui karya.montase dikelasIV SDN Unggul Lampeuneurut? Penelitianini bertujuan.untuk.mendeskripsikan.pengembangan kreativitass.pesertadidik melalui.karya montase di kelasIV SDN Unggul Lampeneurut. Pendekatan yangdigunakan.dalam penelitianini yaitu pendekatan.kualitatif dengann jenis penelitian,deskriptif..Adapun subjek.dalam penelitianini yaitu 1 orang.guru kelasIV dan pesertadidik sebanyak 29 orang yang terdiri dari 10 orang peserta.didik laki-laki dan 19 orang pesertadidik perempuan..Pengumpulandata dilakukan dengann teknik.observasi,.wawancara,.dan dokumentasii. Seluruhdata yangterkumpul diolah.dengan tahap analisisdata yaitu reduksidata, penyajiandata, dan penarikankesimpulan..Dengan mengambil.dokumentasi.hasil karyamontase yang dibuat.oleh pesertadidik. Berasarkan.hasil penelitiann menunjukkan bahwa pengembangan kreativitas pesertadidik melalui karya.montase dalam pembelajaran senirupa kelasIV SDN Unggul Lampeuneurut perlu adanya.pengembangan.kreativitas pada.materi senirupa melalui karyamontase, supaya pesertadidik.lebih bebass mengembangkann kemampuan dan kreativitass yang.peserta.didik miliki,.bebas.mengembangkan.ide-ide yangmenarik. Dalam pengembangan.kreativitas pesertadidik juga perlu aanya motivasi ari guru agar peserta.didik mampu.menciptakan suatu karyamontase yang.lebih baik..Dari penelitianini bisa disimpulkann bahwa.setiap pesertadidik memilikii bakat, potensi serta kreativitas yang baik. Namun masih kurang dalam penerapannya, menyebabkan kurangnya pengembanganskreativitas peserta.didik melalui karya.montase di kelasIV SDN Unggul Lampeuneurut.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Education

Description

Elementary Education Research (EER) is a journal of research results and literature review in the field of learning. a scientific journal published by Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Syiah Kuala. Has been published in 2016. JIM-EER contains scientific articles resulting from research and ...