Elementary Education Research
Vol 5, No 3 (2020): OKTOBER 2020

KENDALA GURU DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN SBdP MATERI KOLASE DI KELAS IV SD NEGERI KAJHU ACEH BESAR

Dewi, Novi Silvia (Unknown)
Ely, Rosma (Unknown)
Fitriani, suci (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2020

Abstract

Kendala Guru adalah hambatan atau rintangan yang dihadapin para pendidik saat kegiatan pelajaran berjalan sehingga pelaksanaan pembelajaran terganggu dan tidak terlaksana. Masalah pada penelitian ini ialah kendala pendidik saat melaksanakan pelajaran SBdP materi Kolase di kelas Negeri Kajhu Aceh Besar. Penelitiian ini bertujuann menjabarkan kendala pendidik dalam melaksanakan pelajaran SBdP materi Kolase di rombel IV SD Negeri Kajhu Aceh Besar.Penelitian inii menggunakans pendekatan kualitif dalam bentuk penelitian deskriptif. Adapun yang menjadi subyek pada penelitian ini ialah 2 orang pendidik kelas yaitu pendidik kelas IV A dan pendidik kelas IV B . Teknik pengambilan data diambil melalui pengamatan dan wawancara. Hasilnya diolah dengan teknik analisi data yaitu readuksi data, penyajiang data dan verifikasi/ pengambilan kesimpulan.Hasil pengamatan ini menyatakan ada ditemukannya kendala yang dihadapi oleh guru yaitu: pertama; penggunaan waktu yang tidak cukup untuk membuat kolase dalam satu kali pertemuan. kedua; bahan yang dipilih atau akan digunakan dalam pembuatan kolase. Ketiga; kendala yang disebabkan oleh peserta didik dan sikap kurang respon dari orang tua peserta didik itu sendiri. Jadi, dapat disimpulkan bahwa guru kelas IV di SD Negeri Kajhu Aceh Besar masih menghadapi kendala dalam melaksanakan pembelajaran SBdP pada materi Kolase.Kata Kunci: Kendala Guru, Kolase.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Education

Description

Elementary Education Research (EER) is a journal of research results and literature review in the field of learning. a scientific journal published by Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Syiah Kuala. Has been published in 2016. JIM-EER contains scientific articles resulting from research and ...